PENGARUH MARKETING MIX DAN MARKET ORIENTED TERHADAP KINERJA PEMASARAN UMKM KOPI DI KABUPATEN DOMPU
DOI:
https://doi.org/10.69666/jame.v1i2.10Keywords:
Marketing Mix, Market Oriented, Kinerja PemasaranAbstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Kuantitatif Deskriptif, dengan Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 35 responden menggunkaan Metode Sampling Purposive dimana pengambilan sampel berdasarkan kriteria dan ciri-ciri tertentu. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda untuk menguji pengaruh Variabel Independen terhadap Variabel Dependen. Teknik pengumpulan data di lapangan dengan menggunakan kuisioner dan menggunakan SPSS 21. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa hasil perhitungan secara parsial (t) bahwa Marketing Mix dan Market Oriented tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran, dengan nilai Marketing Mix (x1) t hitung 0,993 < 2,05 dan signifikan yang diperoleh (0,993 > 0,05), kemudian nilai Market Oriented (x2) t hitung 0,886 < 2,045 dan signifikan yang diperoleh sebesar (0,832>0,005). Sedangkan hasil perhitungan secara simultan (f) variabel Marketing Mix dan Market oriented tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Kinerja Pemasaran (y) dengan nilai f hitung 2,129 < f tabel 3,32 dan nilai signifikan lebih besar dari 0,05 (0,135>0,05).
Downloads
References
Agus Widarjono, 2010, “Analisis Statistika Multivariat Terapan”,Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.
Ajija, Shochrul R. et al. (2011). Cara Cerdas Menguasai E-Views. Jakarta: Salemba Empat.
A. Muri Yusuf. 2014. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan”. Jakarta : prenadamedia group.
Alfiatur Rohmaniyah & Tatiek Nurhayati, 2017, Peningkatan Kreativitas Pemasaran dan Kualitas Networking Berbasis Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pemasaran. EKOBIS. ISSN : 1411 : 2280 Vol. 18 No. 2.
Nurul Utami, Hesty. & Akbar Firdaus, Iqbal Fauzi. 2018. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Perilaku Online Shopping: Perspektif Pemasaran Agribisnis. Jurnal Ecodemica, Vol. 2 No. 1 April 2018
Armstrong, Kotler. 2003. Prinsip - Prinsip pemasaran. Jakarta: PT. Indeks
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian: Sebuah Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Ekawati, M., Kumadji, S., & Kusumawati, A. (2016). Pengaruh Electronic Word of Mouth terhadap Pengetahuan Konsumen serta Dampaknya pada Keputusan Pembelian (Survei pada followers Akun Twitter @WRPDiet). Jurnal Administrasi Bisnis, 14(2).
Ferdinand. 2013. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk skripsi, Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.
Jogaratnam, G. (2017). Journal of Hospitality and Tourism Management How organizational culture in fl uences market orientation and business performance in the restaurant industry. Journal of Hospitality and Tourism Management.
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2018). “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Pogram IBM SPSS” Edisi Sembilan.Semarang:Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Kotler, Philip & Armstrong, Gary. 2005. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi Keduabelas. Erlangga. Jakarta.
Narver, J. C. and Slater, S.F. (1990). The Effect of A Market Orientation on Business Profitability, Journal of Marketing, 54, 20-35.
Nazir, Mohammad, 1999, Metode Penelitian, Ghalia, Jakarta.
McCarthy, E. J, dan Perreault, W. D, Jr.1993. Dasar – Dasar Pemasaran Ed 5. Jakarta: Erlangga
Mulyana Ayu,ratnatiwi. 2018. The Influence of Liquidity, Profitability and Leverage on Profit Management and Its Impact on Company Value in Manufacturing Company Listed on Indonesia Stock Exchang Year 2011-2015.
Porter, Michael (1990), The Competitive Advantage of Nation, Harvard Business.
Purhantara, Wahyu(2010), Metode Penelitian Kualitatif Untuk Bisnis, Yogyakarta: Graha Ilmu.
Siregar, A. F. (2012) Valuasi Ekonomi dan Analisis Strategi Konservasi Hutan Mangrove di Kabupaten Kubu Raya Provinsi Kalimantan Barat. Institut Pertanian Bogor.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: AlFABETA.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatifdan R&D. Alfabeta. Bandung.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatifdan R&D. Alfabeta. Bandung
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatifdan R&D. Bandung : IKAPI
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.
Sulistiani, D. 2013. Analisis swot sebagai strategi perusahaan dalam memenangkan persaingan bisnis. Journal of Chemical Information and Modeling. 53(9):1689–1699.
Swastha, Basu dan Irawan. 1997. Manajemen Pemasaran Modern. Cetakan Kelima. Yogyakarta:Liberty
Tjiptono, candra. 2007. Strategi Pemasaran. Edisi Pertama. Andi Ofset, Yogyakarta.
Winardi. 1991. Marketing dan Perilaku Konsumen. Bandung: Mandar Maju.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Manajemen dan Akuntansi (JAME)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.